KISI-KISI USBN SEJARAH

Oleh : Ganesha Nawang Sari
1.      Unsur-unsur sejarah
-          Ruang, adalah tempat terjadinya suatu peristiwa yang menjadi bukti peristiwa sejarah menjadi real.
-          Waktu, adalah unsur sejarah yang memegang peranan penting sebagai sifat
kronologis dalam kajian sejarah sehingga dikenal dengan konsep periodisasi.
-          Manusia, adalah unsur sejarah yang menjadi sentral atau pemegang peran karena peristiwa sejarah dapat berlangsung secara kompleks tergantung dari akal manusia dengan lingkungan yang ada.
2.      Ciri-ciri sejarah
-          Empiris à bergantung pada pengalaman manusia. Pengalaman tsb direkam dalam dokumen dan peninggalan sejarah lainnya, kemudian diteliti oleh sejarawan untuk menemukan fakta yang terjadi di masa lampau
-          Memiliki objek à ilmu sejarah punya objek, shg punya sasaran yg jelas. Objek ilmu sejarah adalah manusia dalam sudut pandang waktu.
-          Memiliki metode à metode dan cara-cara yang digunakan untuk mengamati peristiwa sejarah
-          Memiliki teori à teori digunakan utk mendukung suatu argument atas kejadian sejarah
-          Generalisasi à berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan umum untuk menggambarkan kejadian sejarah yang telah terjadi. Kesimpulan dan generalisasi ini ditentukan berdasarkan teori, metode, dan objek penelitian sejarah yg telah dilakukan.
3.      Historiografi à bentuk publikasi, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, mengenai peristiwa atau kombinasi peristiwa-peristiwa di masa lampau.
Atau hasil karya dalam bentuk tulisan atau lisan mengenai sejarah
Tahapan :
1)      Heuristic à mencari, menemukan dan mengumpulkan sumber-sumber dari berbagai data utk dapat mengetahui segala bentuk kejadian sejarah di masa lampau yang relevan dengan topic.
2)      Verifikasi à penilaian terhadap sumber-sumber sejarah, pemeriksaan terhadap kebenaran laporan tentang suatu peristiwa sejarah
3)      Interpretasi à menafsirkan fakta sejarah dan merangkai fakta tersebut menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal.
4)      Historiografi à penulisan sejarah dengan menyampaikan suatu pikiran melalui interpretasi sejarah berdasarkan fakta hasil penelitian.

Macam Historiografi
1)      Historiografi Nasional
Cth : Perjuangan Dippnegoro
2)      Historiografi colonial
Cth : Pemberontakan Diponegoro
4.      Konsep berpikir diakronik à berpikir secara kronologis (memperhatikan urutan) dalam menganalisis suatu peristiwa sejarah
5.      Manusia purba tinggal di gua
Contoh :
1)      Gua pawon à ditinggali oleh homo sapiens
2)      Liang Bua à ditinggali oleh homo floresiensis
3)      Gua lawa à ditemukan kebudayaan abris shous roche
4)      Gua leang Pattae  à ditemukan lukisan di dinding gua
Kebudayaan :
-          Hidup nomaden
-          Food gathering
-          Menangkap ikan
Kebudayaan :
1)      Abris shous roche (jaman mesolitikum)
2)      Ujung panah
3)      Flake
4)      Batu penggiling
Mengapa manusia purba tinggal digua?
1)      Untuk melindungi diri dari hewan buas dan cuaca yang tidak menentu
2)      Dekat dengan bahan makanan
6.      Perubahan yang berkelanjutan dalam sejarah à keadaan yang berubah dan berlangsung secara terus menerus / berkesinambungan
Contoh :
1)      Peristiwa pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh sekutu, mengakibatkan dalam waktu yg singkat Jepang mengaku kalah dan menyerah pd sekutu.
2)      Penerapan politik etis di Hindia Belanda, mendorong adanya kebangkitan nasional pada awal abad ke XX
3)      KKN Orde Lama mengakibatkan munculnya praktik KKN Orde Baru


7.      Kapak Batu
1)      Jaman Paleolitikum
Alat-alat :
o   Kapak genggam  à untuk menggali umbi, memotong, dan menguliti binatang
o   Kapak perimbas  à merimbas kayu, memahat tulang, dan senjata
o   Alat-alat dari tulang binatang / tanduk rusa
o   Flakes  à alat kecil dari batu untuk mengupas makanan


2)      Jaman Mesolitikum (jaman batu tengah)
Alat-alat :
o   Kapak genggam Sumatra (pebble)
o   Alat dari tulang (bone)
o   Flakes
3)      Jaman megalitikum
Alat-alat:
o   Menhir  à tugu batu
o   Punden berundak 
o   Dolmen  à meja batu untuk meletakkan sesaji
o   Waruga  à kubur batu bentuk kubus
o   Sarkofagus  à kubur batu bentuk lesung
4)      Jaman Neolitikum
Alat-alat :
o   kapak persegi  à untuk cangkul dan alat pahat.
o   Kapak lonjong  
o   Kapak bahu



9.      Teori Masuknya Agama dan Budaya Hindu Buddha
1)      Teori Brahmana à golongan brahmana (pandita atau rohaniawan).
Kelemahan : adanya bukti bahwa para Brahmana pantang menyebrangi lautan.
2)      Teori Ksatria à kaum Ksatria atau para prajurit India. Para prajurit diduga melarikan diri dari India dan mendirikan kerajaan-kerajaan di kepulauan Indonesia dan Asia Tenggara.
Kelemahan : tidak adanya bukti kolonisasi baik di india maupun Indonesia. Kedudukan kaum ksatria dalam struktur masyarakat Hindu tidak memungkinkan menguasai masalah agama hindu dan tidak Nampak pemindahan unsur masyarakat India. Tidak mungkin para pelarian mendapat kedudukan sebagai raja di tempat yang baru.
3)      Teori waisya à para pedagang dari India
Kelemahan : adanya bukti bahwa Wedha (kitab) berbahasa Sansekerta, sedangkan Waisya tidak menguasai bahasa Sanskerta dan huruf pallawa
4)      Teori Sudra à  para budak atau bawahan
Kelemahan : para budak tidak menguasai bahasa Sanskerta dan huruf palawa. Kasta sudra umumnya tidak punya pengetahuan / pendidikan
5)      Teori Arus Balik à perkembangan ajaran Hindu Budhha yang sangat pesat di India, terdengar sampai ke Indo. Kemudian menarik minat para kaum terpelajar di Nusantara untuk berguru ke India. Setelah mereka berguru dan pulang ke Nusantara, mereka mulai menyebarkan agama baru yg mereka pelajari disana.
Kelemahan : kemungkinan orang Indonesia untuk belajar agama hindu Buddha ke india sulit, karena pada masa itu, orang Indonesia masih bersifat pasif.
10.  Peninggalan Megalitikum
o   Menhir  à tugu batu
o   Punden berundak 
o   Dolmen  à meja batu untuk meletakkan sesaji
o   Waruga  à kubur batu bentuk kubus
o   Sarkofagus  à kubur batu bentuk lesung

11.  Faktor Kemajuan Kerajaan Majapahit
1)      Kecakapan Majapatih Gajah Mada dalam menepati sumpah Palapa
2)      Kemajuan dalam bidang perdagangan dan kebudayaan
3)      Memiliki angkatan perang yang terlatih dan kuat
4)      Susunan system pemerintahan yang teratur
5)      Wilayah kerajaan yang mempunyai tanah subur
6)      Memiliki kekuatan laut yang kuat
7)      Kondisi politik yang stabil
8)      Menjalin hubungan kerjasama dengan kerajaan lain
12.  Kerajaan Islam di Indonesia
1)      Kerajaan Samudera Pasai
o   Merupakan kerajaan islam ke-2 di indo, setelah Peurlak
o   Letak : Aceh Utara (kab. Louksueumawe)
o   Raja-raja yang memerintah :
1.      Sultan Malik as-Shaleh (Marah Silu)   (696 H / 1297 M)
2.      Sultan Muhammad Malik Zahir          (1297-1326 M)
3.      Sultan Mahmud Malik Zahir               (1346-1383 M)
4.      Sultan Zainal Abidin Malik Zahir         (1383-1405 M)
5.      Sultan Nahrisyah                                 (1405-1412 M)
6.      Sultan Abu Zain Malik Zahir                (1412 M)
o   Factor kemunduran :
1.      Kerajaan Majapahit berambisi menyatukan nusantara, yaitu pada tahun 1339 M Patih Majapahit Gajah Mada  menyerang Kerajaan Samudera Pasai, tetapi belum berhasil
2.      Berdirinya Bandar Malaka yang letaknya lebih strategis
o   Bukti-bukti kerajaan Majapahit :
1.      Berita Marcopolo à ia singgah di daerah Samudera Pasai pd tahun 1292 M
2.      Berita Tome Pires à ia berkunjung ke daerah pesisir utara dan timur daerah Sumatra
3.      Berita Ibnu Batutta à musafir dari Maroko yang singgah di Samudera Pasai
4.      Nisan Sultan Malik as-Shaleh
5.      Hikayat raja-raja Pasai
6.      Nisan kubur Ratu Nahrisyah
7.      Mata uang logam emas dirham yg dibuat pada masa pemerintahan Sultan Muhammad
2)      Kerajaan Aceh Darussalam
o   Berdiri tahun 1514 M
o   Letak : ujung utara Pulau Sumatra
o   Sumber sejarah Kerajaan Aceh :
1.      Kitab Bustanussalatin à taman segala raja
2.      Gunongan di bekas Taman Ghairah Kesultanan Aceh
3.      Makam sultan-sultan Aceh
4.      Masjid Raya Baiturrahman à dibangun oleh Sultan Iskandar Muda
o   Factor kemajuan :
1.      Letak ibukota Aceh yg sangat strategis
2.      Pelabuhan Aceh (Olele)  memiliki pesyaratan yg baik sebagai pelabuhan dagang
3.      Daerah Aceh kaya akan tanaman lada yg penting bagi ekspor
4.      Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis menyebabkan pedagang Islam banyak yg singgah ke Aceh, apalagi setelah jalur pelayaran beralih melalui sepanjang pantai barat Sumatra
o   Raja-raja:
1.      Sultan Ali Mughayat Syah                               (1514-1528 M)
Perekonomian mengalami kemajuan
2.      Sultan Salahuddin                                           (1528-1537 M)
3.      Sultan Alauddin Riayat Syah al-Khahar          (1537-1568 M)
Dilakukan usaha-usaha mengembangkan kekuatan perang, perdagangan, dan hubungan internasional.
4.      Sultan Iskandar Muda                                     (1607-1636 M)
PUNCAK KEJAYAAN
5.      Sultan Iskandar Thani                                     (1636-1641 M)
13.  Kebudayaan Hindu yang masih berkembang sampai saat ini
o  Ngaben : upacara pembakaran mayat
o  Labuhan : sedekah laut
o  Wayang
o  Sadranan : membawa sesajian kuburan
o  Kesodo : upacara mempersembahkan sesaji ke kawah Gunung Bromo
14.  Ciri-ciri kebudayaan Hindu yang masih berkembang sampai sekarang :
15.    Peninggalan Budaya Mataram yang masih Berlaku Sampai Sekarang
o   Sekaten à memperingati Maulid Nabi
o   Upacara Grebeg Muludan à pemujaan roh nenek moyang yg berupa kenduri
o   Tumplak wajik à kotekan / permainan lagu dengan memakai kentongan, lumping, dll yg menandai dari pembuatan gunungan.
o   Gunungan
o   Upacara siraman pusaka à upacara membersihkan segala bentuk pusaka yg menjadi milik kraton.
o   Upacara saparan (Bekakak) à penyembelihan sepasang boneka temanten muda yg tebuat dari tepung ketan yang dilaksanakan setahun sekali dalam bulan Sapar
o   Upacara nguras Enceh à membersihkan gentong yang ada dimakam raja-raja di Imogiri
o   Upacara Rabo Pungkasan Wonokromo Pleret à kirab
o   Upacara Adat Pembukaan Cupu Punjolo
o   Upacara Jamasan Kereta Pusaka à merawat dan membersihkan benda-benda pusaka
16.  Factor Pendorong Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia
o   Terinspirasi perjalanan Marcopolo
o   Jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Turki Usmani
o   Teori bahwa bumi itu bulat
o   Kemajuan IPTEK, perkapalan, dan astronomi
o   Semangat 3G (Gold, Glory, Gospel)
o   Mencari rempah-rempah
17.  Penjelajahan Samudera
o   Belanda           : Belanda – Tanjung Harapan – Banten
o   Spanyol           : P. Guam – Filipina – Kep. Maluku – Tanjung Harapan – Spanyol – Selat Magelhaens Kep. Haiti
o   Inggris             : Inggris – Tanjung Harapan – India
o   Portugis          : Portugis – Tanjung Harapan – India – Malaka – Kep.Maluku

18.  Strategi Perlawanan Sebelum dan Sesudah Abad Ke-20
Sebelum Abad 20
Setelah Abad 20
Masih bersifat kedaerahan
Bersifat nasional
Kepemimpinan feodal (dibawah golongan bangsawan)
Kepemimpinan bebas (dibawah golongan terpelajar)
Bersifat sementara (pemimpin kalah, perjuangan berhenti)
Berlangsung terus
Tidak terorganisasi
Organisasi diatur secara modern
Cita-cita tidak jelas
Cita-cita jelas menuju kemerdekaan Indonesia
Perlawanan fisik / senjata
Perlawanan nonfisik berupa diplomasi dan organisasi


19.  Nilai dan Makna Sumpah Pemuda
1.      Nilai cinta bangsa dan tanah air (nasionalisme)
2.      Nilai akan sikap rela berkorban
Ikhlas / rela untuk memberikan apapun yang dimilikinya demi kepentingan bangsa dan negara
3.      Nilai persatuan
4.      Nilai dapat menerima dan menghargai perbedaan
5.      Nilai mengutamakan kepentingan bangsa
6.      Nilai semangat persaudaraan
7.      Nilai semangat gotong royong

20.  Perlawanan terhadap Pendudukan Jepang
1.      Perlawanan Aceh
o   ABDUL JALIL
§  Memimpin di Cot Plieng
§  Ia memimpin perlawanan rakyat Cot Plieng untuk melawan tindak penindasan dan kekejaman pendudukan Jepang
§  Abdul Jalil berhasil menggerakkan rakyat dan para santri. Gerakannya ini dianggap sebagai suatu tindakan yg membahayakan. Oleh karena itu, Jepang membujuknya untuk berdamai. Namun, ia menolak. Karena penolakannya ini, Jepang mengerahkan pasukannya untuk menyerang Cot Plieng.
§  Serangan I
Kemudian pertempuran berlanjut hingga 24 november 1942 saat rakyat sedang menjalankan salat subuh. Rakyat mencoba melawan sekuat tenaga , sehingga dapat memukul mundur tentara Jepang.
§  Serangan II tentara Jepang berulang lagi, dapat digagalkan oleh rakyat.
§  Serangan III tentara jepang berhasil menghancurkan pertahanan rakyat cot plieng dengan membakar masjid. Abdul Jalil meloloskan diri ke Buloh Blang Ara. Saat abdul jalil sedang menjalankan ibadah sholat, ia ditembaki oleh tentara jepang dan gugur.
o   ABDUL HAMID
§  Jepang menangkap semua keluarga Abdul Hamid. Akhirnya perlawanan diakhiri oleh Abdul Hamid.
o   PANDRAH KABUPATEN BIREUEN
§  Disebabkan oleh :
1)      Masalah penyetoran padi
Jepang memaksa rakyat untuk menyerahkan hasil panennya sebanyak 50-80%
2)      Pengerahan tenaga romusa.
Romusa diadakan dalam jangka waktu yang sangat panjang, dan jepang menancapi bambu runcing di sawah dengan maksud agar sawah tsb tidak digunakan sekutu untuk mendaratkan pasukan payungnya.
2.      Perlawanan Singaparna (Tasikmalaya, Jawa Barat)
o   Rakyat singaparna antidominasi jepang.
o   Sebab perlawanan :
1.      Rakyat singaparna sangat menjunjung tinggi nilai islam. Sementara, kebijakan jepang yang diterapkan tidak sesuai dengan ajaran-ajaran islam.
2.      Kehidupan rakyat yg semakin menderita
3.      Pengerahan romusha yg dikirim ke berbagai daerah diluar jawa. Banyak yg meninggal.
4.      Rakyat diwajibkan untuk menyerahkan padi dan beras dengan aturan yang sangat menindas rakyat
5.      Rakyat Singaparna dipaksa untuk mengikuti upacara Seikeirei.
Oleh karena itu, pada bulan februari 1944 rakyat singaparna melakukan perlawanan terhadap Jepang.
o   Dipimpin oleh : Kiai Zainal Mustofa.
o   Ia mendirikan pasukan tempur sukamanah
o   Pertemuan I
Jepang mengajak berunding, namun polisi Jepang itu dilucuti senjatanya dan ditahan
o   Pertemuan II
Utusan jepang bersifat congkak, sehingga kemudian mereka dilucuti dan dibunuh oleh pasukan Kiai Zainal Mustofa.
o   Kemudian jepang mengadakan pertempuran di Sukamanah, dan berhasil mengalahkan pihak Zainal Mustofa
3.      Perlawanan Indramayu
o   Sebab perlawanan :
1)      Penarikan hasil padi
2)      Kebijakan romusha yang menyengsarakan rakyat.
o   Tempat : Desa Kaplongan, Desa Cidempet
4.      Perlawanan PETA di Blitar
o   Sebab perlawanan :
1)      Para anggota PETA kerap menyaksikan sikap congkak dan sombong para syidokan yang melatih mereka. Para pelatih Jepang sering merendahkan para prajurit bumiputera.
21.  DI HALAMAN BEDA
22.  HASIL SIDANG PPKI
o    HASIL SIDANG PPKI I (18 Agustus 1945)
1)        Mengesahkan UUD 1945
2)      Mengangkat Soekarno sebagai Presiden dan Moh. Hatta sebagai wakil presiden
3)      Membentuk Komite Nasional
o    HASIL SIDANG PPKI II (19 Agustus 1945)
1)      Membentuk pemerintah daerah yang terdiri dari 8 provinsi (Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku
2)      Membentuk Komite Nasional Daerah
3)      Membentuk 12 Kementrian dan 4 Menteri Negara
4)      Membentuk Tentara Rakyat Indonesia (TRI)
o   HASIL SIDANG PPKI III (22 Agustus 1945)
1)      Menetapkan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)
2)      Membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI)
3)      Membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR)

23.  UPAYA BANGSA INDONESIA MEMPERTAHANKAN KEMERDAKAAN (setelah 1945)
1)      Pertempuran Surabaya
o  Tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu dibawah pimpinan Mallaby mendarat di Tanjung Perak, Surabaya, yang diikuti oleh NICA sehingga menimbulkan perang besar di Surabaya
o  Pada awal November 1945 Brigjen Mallaby tewas, lalu pimpinan AFNEI yaitu Mayjen R.C Mansergh pada tgl 9 Nov 1945 mengultimatum rakyat Surabaya untuk menyerah tanpa syarat tapi gagal.
o  Lalu timbullah pertempuran besar tgl 10 November 1945 di Surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo
2)      Pertempuran Ambarawa (15-20 Oktober 1945)
o   Pada 15-20 Oktober 1945 terjadi perlawanan rakyat Semarang selama 5 hari yang menggugurkan 2000 pemuda dan diperingati dengan Monumen Tugu Muda
o   Pada 21 Oktober 1945 tentara Sekutu berusaha untuk membebaskan Belanda yang ditawan, namun mendapat perlawanan TKR dan pejuang Indonesia lainnya yang dikenal dengan Pertempuran Ambarawa yang dipimpin oleh Kolonel Isidiman dan pejuang lain sehingga dibuatlah monument Palagan Ambarawa
3)      Pertempuran Medan Area
o   Pada 10 Desember 1945  tentara sekutu menyerang Medan, akhirnya TKR (pelopor : Ahmad Tahir) dan rakyat Medan membentuk Komando Resimen Laskar Rakyat Medan yang berpusat di Sudi Mengerti, Trepes, Medan


24.  Kebijakan Penjajahan Bangsa Barat
1)      Kebijakan VOC ( Vereenidge Oostindische Compagnie)
(1)   Memonopoli perdagangan
(2)   Ekstirpasi à pembasmian
Contoh : pembakaran tanaman yang berlebihan agar tidak terjadi penurunan harga
(3)   Pelayaran Hongi à patroli laut untuk mengawasi pedagang Indonesia agar tidak menjual dagangan selain pada Belanda
(4)   Preanger Stelsel à kewajiban rakyat Priangan untuk menanam the dan kopi
(5)   Contingenten à pajak bumi berupa hasil bumi bukan uang yang langsung dibayarkan ke VOC
(6)   Verplichte leverantie à wajib pajak hasil bumi bagi daerah yang tidak dikuasai VOC

2)      Kebijakan Daendels
(1)   Bidang Militer dan Pertahanan
o   Membangun jalan raya Anyer-Panarukan (Jalan Daendels / jalur Pantura) ± 1100 km untuk mempermudah mobilisasi pasukan dan mempermudah lalu lintas dagang
o   Menambah jumlah tentara dengan mengambil rakyat pribumi, karena saat datang ke Indo tidak membawa pasukan
o   Membangun pabrik senjata di Gresik dan Semarang
o   Membangun pangkalan Angkatan Laut di Surabaya dan Ujung Kulon
(2)   Bidang Pemerintahan
o   Membubarkan Dewan Legislatif Hindia-Belanda diganti Dewan Penasehat
o   Membagi Pulau Jawa menjadi 9 prefectuur (daerah setingkat Provinsi) dan 31 Kabupaten
o   Bupati diangkat menjadi pegawai Pemerintah (PNS) à Loyalitas ditujukan kepada Belanda bukan kepada Raja
(3)   Bidang Ekonomi Keuangan
o   Membentuk dewan pengawas keuangan
o   Memberantas korupsi
o   Mengeluarkan uang kertas
o   Memperbaiki gaji pegawai
o   Contingenten dan Verplichte Laverantie (pajak berupa hasil bumi)
o   Monopoli perdagangan beras
o   Preanger Stelsel tetap dilanjutkan
(4)   Bidang Hukum / Peradilan
o   Membentuk 3 jenis peradilan (dengan stratifikasi social)
§  Pengadilan untuk orang Eropa
§  Orang Pribumi
§  Orang timur asing
o   Melakukan pemberantasan korupsi
(5)   Bidang Sosial
o   Menerapkan system kerja paksa (rodi)
o   Membiarkan perbudakan
o   Menghapus upacara penghormatan kepada sultan dan sunan
o   Membangun jaringan pos tiap distrik dengan menggunakan kuda

3)      Kebijakan Raffles
(1)   Bidang Pemerintahan
o   Pulau jawa dibagi menjadi 16 karesidenan
o   Merubah system pemerintahan yang semula dilakukan oleh penguasa pribumi  menjadi pemerintahan colonial bercorak barat
o   Membina hubungan baik dengan pangeran dan penguasa yang sekiranya membenci Belanda à Raja-raja di jawa dan Palembang. Stelah berhasil Raffles mulai tidak simpati terhadap tokoh yang membantunya
o   Bupati-bupati / penguasa pribumi dilepaskan kedudukannya yang mereka peroleh secara turun temurun
o   Sultan HB II diturunkan dari jabatannya dan diganti Sultan Sepuh / Sultan Raja
(2)   Bidang Ekonomi
o   Pelaksanaan system sewa tanah (land rent) . Penentuan besarnya pajak, tanah dibagi menjadi 3 kelas :
a)      Kelas I à tanah yg subur (pajak  dari hasil bumi)
b)      Kelas II à tanah setengah subur (pajak  dari hasil bruto)
c)      Kelas III à tanah tandus ( pajak  dari hasil bruto)
o   Petani diberikan kebebasan untuk menanam tanaman ekpor
o   Penghapusan Contingenten dan Verplichte Laverantie
o   Penghapusan semua system monopoli kecuali monopoli garam dan minuman keras
o   Penghapusan kerja rodi dan perbudakan
o   Peletakan desa sebagai unit administrasi pemerintah
(3)   Bidang Sosial
o   Penghapusan kerja rodi
o   Penghapusan perbudakan tetapi dalam praktiknya ia justru melakukan perbudakan
o   Penghapusan pynbank (disakiti) à hukuman yg sangat kejam dengan melawan harimau
(4)   Bidang Ilmu Pengetahuan
o   Ditulisnya buku “History of Java”
o   Memberikan bantuan kepada John Crawfurd untuk mengadakan penelitian yang menghasilkan sebuah buku berjudul “History of the East Indian Archipelago”
o   Aktif mendukung Bataviaach Genootschap à perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan
o   Ditemukannya Rafflesia Arnoldi
o   Dirintisnya Kebun Raya Bogor

25.  Dampak Pendudukan Belanda dan Jepang
26.  Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Kehidupan POLEKSOSBUD di Indonesia
o   Merdeka dalam bidang POLITIK
Negara Indonesia memiliki kedaulatan rakyat yaitu pengakuan dari rakyat Indonesia yang mengakui adanya pemerintahan Indonesia sebagai kekuasaan pemerintahan tertinggi
o   Merdeka dalam bidang EKONOMI
Negara Indonesia dapat mengatur perekonomian sendiri sesuai dalam UUD 1945 Pasal 33
o   Merdeka dalam bidang SOSIAL
Kehidupan social masyarakat Indonesia mampu terintegrasi dengan baik, mewujudkan totalitas nilai, tata social, dan tata laku masyarakat Indonesia .
o   Merdeka dalam bidang BUDAYA
Negara Indonesia memiliki kebudayaan yang berasal dari bangsa Indonesia itu sendiri
27.  Perkembangan Politik Ekonomi Indonesia Masa Demokrasi Liberal
1)      Keadaan Politik
·         Menganut system multipartai yang memicu persaingan antarfraksi politik di parlemen untuk saling menjatuhkan
·          
28.  Peran Para Tokoh Nasional / Daerah dalam Mempertahankan Kemerdekaan
1)      SRI SULTAN HB IX

o   Menyatakan kesultanan Yogyakarta sebagai bagian dari NKRI (dalam maklumat 5 september 1945)
o   Mengeluarkan maklumat No.5 tahun 1945 yang berisi tentang mobilisasi gerakan rakyat untuk ikut mempertahankan kemerdekaan.
o   Menolak bekerjasama dengan Belanda
o   Membantu para pejuang dalam memenuhi kebutuhan
o   Memberi wilayah Kraton sebagai tempat perlindungan TNI
2)      FRANS KAISIEPO

o   Mendirikan Partai Indonesia Merdeka (PIM) di Biak, Papua
o   Menjadi anggota delegasi pada Konferensi Malino pada Juli 1946 di Sulawesi Selatan. Ia mengganti nama Nederlands Nieuw Guinea menjadi Irian à berarti menyatakan ikut Republik Indonesia Anti Nederlands.
o   Menjadi anggota delegasi yang menentang pembentukan Negara Indonesia Timur (NIT)
o   Memimpin pemberontakan rakyat Biak pada Maret 1948 melawan pemerintah Hindia Belanda
o   Menolak menjadi Ketua Delegasi mewakili Nederlands Nieuw Guinea ke KMB di Den Haag
o   Mendirikan Partai Politik Irian yang menuntut penyatuan Nederlands Nieuw Guinea (Papua) ke NKRI
o   Menyatukan suara rakyat Papua dalam Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) agar menyatukan Papua ke dalam NKRI


3)      KH HASYIM ASYARI

o   Mengumandangkan Resolusi Jihad pada pertemuan wakil-wakil cabang NU ( Jawa dan Madura) dan sekitarnya.
Resolusi Jihad :
a)      menegaskan bahwa hukum membela tanah air adalah wajib bagi setiap umat muslim di Indonesia.
b)     Muslimin yang berada dalam radius 94 km dari pusat pertempuran wajib ikut berperang melawan Belanda



29.  TOKOH SEKITAR PROKLAMASI
NAMA TOKOH
PERAN
Ir. Soekarno

1.      Menyusun teks proklamasi bersama Bung Hatta
2.      Membacakan teks proklamasi kemerdekaan
3.      Menandatangani naskah proklamasi bersama Moh. Hatta

Moh. Hatta


1.      Ikut serta menyusun konsep naskah proklamasi kemerdekaan
2.      Menandatangani naskah proklamasi bersama Ir. Soekarno

Ibu Fatmawati

Menjahit sang saka merah putih

Sukarni

Mengusulkan agar naskah proklamasi ditandatangani oleh Soekarno-Hatta, atas nama Bangsa Indonesia

Ahmad Soebarjo

Merumuskan teks proklamasi

Latief Hendraningrat

Pengibar sang saka merah putih

S. Suhud

Pengibar sang saka merah putih

Sayuti Melik


Pengetik naskah proklamasi

Laksamana Tadeshi Maeda

Menyediakan rumahnya sebagai tempat penyusunan konsep teks proklamasi

BM Diah

Menyimpan bukti otentik naskah proklamasi



30.  PERAN TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN NKRI (1945-1965)
31.  KONDISI POLITIK MASA DEMOKRASI TERPIMPIN 
·         Kabinet Juanda dibubarkan dan diganti menjadi Kabinet Kerja. Kabinet ini memiliki program kerja yang disebut Tri Program yaitu :
(1)   Masalah-masalah sandang dan pangan
(2)   Keamanan dalam negri
(3)   Pengembalian Irian Barat

32.  MENYIMPULKAN MAKNA PERJUANGAN FISIK DAN DIPLOMASI
·         PERJUANGAN FISIK : Perjuangan yang dilakukan dengan menggunakan kekuatan bersenjata
Contoh :
o   Pertempuran Surabaya
o   Pertempuran Ambarawa
o   Pertempuran Medan Area
o   Bandung lautan api
o   Pertempuran 5 hari di semarang
·         PERJUANGAN DIPLOMASI : Perjuangan yang dilakukan dengan melakukan perundingan
Contoh :
o   Perundingan Malino
o   Perundingan Linggarjati


33.  PERGOLAKAN YANG TERJADI DI BERBAGAI DAERAH
34.  REVOLUSI HIJAU à Usaha dalam mengembangkan teknologi pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan
o   Revolusi hijau terjadi karena semakin meningkatnya jumlah penduduk di dunia, namun tidak diiringi dengan peningkatan jumlah produksi pangan
o   Revolusi Hijau di Indonesia dilaksanakan pada masa Orde Baru.
o   Revolusi ini diterapkan dan focus pada peningkatan hasil pertanian (beras).
o   Pelaksanaannya ada 4 program yaitu :
(1)   Intensifikasi Pertanian
Diterapkan dalam bentuk panca usaha tani yakni :
§  pemilihan bibit unggul
§  pengaturan irigasi
§  pemupukan
§  teknik pengolahan tanah
§  pemberantasan hama
(2)   Ekstensifikasi Pertanian à perluasan area pertanian yang sebelumnya belum dimanfaatkan
Contoh : pemanfaatan hutan, lahan gambut, atau padang rumput untuk digunakan sebagai lahan pertanian.
(3)   Diversifikasi Pertanian à pengalokasian sumber daya pertanian ke beberapa aktivitas lainnya yang menguntungkan, baik secara ekonomi atau lingkungan
Contoh :
§  menanamkan beberapa jenis tanaman dalam satu lahan
§  memelihara beberapa hewan ternak dalam satu kandang.
(4)   Rehabilitasi à usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperbarui segala hal terkait pertanian.
Contoh : memperbaiki sawah tadah hujan menjadi sawah irigasi

3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Teknologi Pendidikan

KASUS PERMASALAHAN ANAK DI MEDIA MASSA